Kamis, 15 November 2012

Bukan rasa yang salah


Kriiiiiing … kriiiiiing ..                                                                                 
       Emmmm pasti kalian tau benda apa itu , YA BEL SEPEDA ! SALAH ! Yang bener  ya alarm dari jam beker berbentuk pisang warna biru kesayangan gue.    Aneh gak pisang warnanya biru? Aneh kan? Aneh dong ! Aneh yah !  Gue belinya jauh loh ampe ke Pasar Glodok. Stop ! Ini cerita gue apa jam beker gue? Okelah  lupakan !
 
          Jam beker pisang itu selalu gue ajak tidur bareng, jangan ngeres dulu pikirannya, ini ada lanjutannya nih. Jam itu gue tempelin dikuping, dia selalu membangunkan gue. Nyanyiannya itu selalu bikin kuping gue panas. Ish kok ini malah jadi nyeritain jam beker lagi? Siapa si yang bikin cerita? Demi apapun ini tuh cerita gue ! Okelah gapapa, karena jam ini ada dalam hidup gue, jadi dia juga boleh mampir dan ikut-ikutan tenar dikitlah. Sedikit menyinggung tentang jam beker, tuhkan jam beker lagi, eh gapapa kok gapapa, jam ini sebenernya pemberian almarhum bokap gue. Disini gue katakan gue itu anak yatim piatu, tapi disini gue tinggal sama anaknya anaknya eyang gue *berfikir*. Gue tinggal sama mereka karena amanat orangtua gue, gue disekolahin, diempanin ama mereka, baik kan mereka *ting*.  
 
          Daritadi cerita ngalor ngidul, kalian pasti gatau nama gue? Mau tau gak nama gue? Kalo kalian gamau tau yaudah deh. Buat yang ikhlas pengen tau       tanpa paksaan sedikitpun dari pihak manapun,  MY NAME IS KHAN , I’M NOT TERORIS ! Yang pastinya itu bukan nama gue, itu judul film india kesukaan adenya nyokap gue *berfikir* ! Nama gue  menurut akta kelahiran, STTB SD, SMP itu Zivana Zaskia Suherman . My nickname VIA : Ve-ivi-a = VIA, VIA yah bukan   PIA ! Kebanyakan orang sunda suka manggil gue Piah. Apa coba maksutnya ganti-ganti nama gue? Sebenernya Ada dua penjelasan dari nama gue , gak penting buat L tapi penting menurut Pak SBY ( Pak SBY pun melambaikan tangan        sambil gibas poninya ) yang pertama huruf pertama gue “Z” kalian sudah bisa  mendefinisikan kalo absen gue sejak Paud ke TK, TK ke SD, SD ke SMP, SMP ke SMK  sekarang selalu terakhir , yang kedua nama belakang gue “SUHERMAN “  kalian langsung tersirat tersurat dan tersorot mukanya JOSHUA SUHERMAN kan?  Kalo enggak dan salah berati prediksi gue bukan gagal yah tapi kurang tepat !  Selama perjalanan gue menuntu ilmu, sialnya dengan absen terakhir, kalo      ulangan pasti gue duduk dibelakang, mending kalo bisa nyontek atau makan pas ulangan, ini mah ORA ISO, eh tapi gue bukan tipe anak yang tukang nyontekya. Gue anak sulung dari Alm. Suherman Purnomo pemilik kedai pisang di Jakarta dulu cukup terkenal tapi itu dulu sebelum beliau meninggal , sekarang usaha itu dipindah alihkan kepada saudara sebangsa setanah dan sedarahnya gitu , yah   Alhamdulillah kedainya malah makin RAME !  Dan emak gue bernama Ayu Setiadi , dia cuman seorang ibu RT ( rumah tangga ) . Mereka meninggal karena sakit.  Bokap gue sakit jantung, emak gue sakit-sakitan semenjak bokap udah gak ada. *backsong saat terakhir ~ st12 * Yak itu kissing gue . LANJUTKAN NAK !
 
 
 Jam beker itu berdering tepat jam 05.00 WIB ,sebenernya sih jam 05.15 cuman gue boong ama kalian biar seakan-akan gue keliatan rajin dan disiplin . Jam segitu belum ada sinar matahari yah , dan gue ngucek mata sambil ngusap belek dan nyalain lampu dimeja samping kasur gue . Langsung gue ngelaksanain solat ashar eh subuh maksut gue . Abis solat gue langsung beresin kamar , mandi , siap-siap dan sarapan . Setelah kegiatan itu gue rampungin semua,  gue langsung caw  ke sekolah naik sepeda bmx yang udah gue modif dan gue namain jagur ! Gue tomboy , mungkin kalo gue feminim gue lebih milih sepeda mini pink pake keranjang dikasi bunga disetang kiri . Please jangan dibayangin , karna gak pantes anak tomboy kaya gue berpenampilan selayaknya dewi perssik (?). 
Gue sekolah disalah satu sekolah menengah kejuruan negeri di Jakarta, jaraknya lumayan paling 15 menit nyampe . Gue takutnya kalo gue sebutin nama sekolah gue , kalian pada nyariin gue lagi (‘) (’) (‘). Gue baru menduduki kelas 10 jurusan multimedia , keren kan ? ah biasa aja ! Disekolah gue Alhamdulillah gitu sesuatu banget diriku karna gue cukup dikenal sama kakak kelas , so cool gimana gitu langsung gue gibas poni karena apa coba ?! betul sekali jawaban kalian *padahal belom jawab*  karena gue itu , nah gue itu , gue itu yak gue eh map , maksut gue karena gue ketua kelas di kelas gue . Hmmm cukup berat sih , mengayom tugas gini bagi seorang perempuan . Tapi yak gue bangga karena teman-teman mempercayakan semuanya sama gue  , tos dulu ah *prok (*o)(o*) . Gue disekolah cukup aktif :D . Gue ikutan extrakulikuler vocalgroup alias paduan suara plus basket. 

          Waktu pun terus berganti karena jam pun berputar ,  Waktu jam pelajaran olahraga demi apapun gue seneng banget , olahraga itu pelajaran favorite gue apalagi basket ! Gue dijuluki si putri basket , karena udah beberapa kejuaraan yang diikuti sekolah gue , sekolah gue selalu menang dan kata mereka si itu karena ada gue , langsung ngefly deh gue J . Setelah jam pelajaran olahraga selesai , guru olahraga pun nyuruh buat istirahat sebentar dan ganti baju . Saat itu gue galau, milih antara jajan atau ganti baju dulu. Gue mikir dan bengong sampe tiba-tiba ada bolham muncul diatas kepala gue, akhirnya gue milih pergi ganti baju dulu. Ketika gue lagi jalan dikoridor deket meja piket , cuma gue sendirian . Ya jelas aja , soalnya kelas lain masih belajar dan temen-temen gue yang lain milih pada ngisi perutnya duluan . Tiba-tiba disepanjang koridor gue nemuin bunga mawar banyak banget , berasa jadi purtri gimana gitu jalan dikasi mawar hahaha, karena gue penasaran ya gue pungutin . Dan ternyata bunga itu arah ke taman , sumpah ini misterius banget , pas gue lagi mungutin ini bunga gue ngegerutu sambil ngebayangin ini berasa disinetron-sinetron tv, drama banget . Haduh pas ini bunga udah yang terakhir , gak taunya ada dikaki seseorang . Sumpah gue deg deg ser , gue takutnya ini Pak Samsul si guru killer :0 . Tapi sedikit demi sedikit gue liat celananya , kok celana abu-abu ? oke disini gue mulai selaw . Dan pas gue liat itu si Randi temen sekelas gue dan rival gue di team basket sekolah !! Oh maaay gaaaaaat !!!!!
Oke banget gue kaget setengah mampus ! Dia langsung ngebantu gue buat bangun karena keadaan gue disitu posisi mau boker alias jongkok .
“ Elu ngapain si Randi ? Iseng nebar bunga mawar segala so romantic begimana gitu ?” Gue ngegerutu
“ Emang gue romantic kan ?” Jawabnya
“ What ? Sejak kapan cowok cuek kayak lu bisa romantic ?”
“ Sejak gue sadar kalo gue suka sama lo.”


          Keadaan mendadak hening dan sekitar kita kayak kaga ada kehidupan , dunia seakan berhenti berputar pada porosnya dan sekarang berputar dijantung gue kenceng kenceng dan kenceng berdetak sekenceng orang lagi ngetok pintu ketakutan gara-gara liat setan sambil nahan boker .  Gue bingung ini perasaan panic apa apasih?  Gue bingung mau jawab apa , gue gak pernah dapet perlakuan kayak gini , gue pikir daripada gue basa-basi ngeliat mukanya mending gue kabur . Gue fikir kabur adalah alasan yang tepat karena yang pertama , gue bisa ngehindar dari si Randi , yang kedua, gue harus cepet-cepet ganti baju karena gue mau ngerjain tugas yang belum diselesaikan . Gue pun lari dan si Randi pun ikut lari, gue kenceng eh si Randi kenceng, oke intinya kita lagi maen lari-larian. Randy terus ngejar gue sambil neriakin nama gue , untung aja anak-anak belum pada keluar . Gue langsung pergi ke loker 154 dimana loker gue sama loker dia bersebelahan ! Mati kutu gue ! Pas gue lagi ngambil baju , dia juga ngikutin ngambil baju, gue ke toilet cewek eh dia juga ngikut, tadinya gue sangka biar dia kagak nguber gue lagi, tapi dia nungguin didepan toilet sambil ngoceh kaya burung beo yang baru diajarin bilang I love you ! Muka gue mau ditaro dimana Ya Allah . Gue dapet sial semenjak gue tau Randi Pangestu suka sama gue , udah gue KM dan Wakilnya dia , sama-sama pengurus OSIS , satu team basket , dan nyebelinnya kita setiap ada kelompok selalu disatuin sama guru-guru . Berani sogok berapa si Randi ke guru-guru ? Hah sumpah gue depresi gila.

          Udah satu semester gue gak kenal ama Randi gue cuekin  dan gue udah naik ke kelas 11 , alhamdulillah gue dapet peringkat 3 . Suatu hari ada rapat osis , ada plan buat acara MOPDB. Gue gak kebagian tugas apa-apa cuman mengkoordinir kegiatan . Untung aja si Randi dapet tugas, jadi dia bakalan sibuk dan gak terus ngebuntutin gue J . Gue cuman kebagian tugas demo extrakulikuller padus sama nampil basket ! Capek banget sumpah 2 keahlian yang secara bersamaan harus gue tampilin dan tanpa Randi sekarang . Semenjak Randy sibuk sama persiapan ini itunya , gue merasa ada yang ilang , tapi sabodoteuing lah , lagipula gue sebel sama dia .

          H-1 kita semua nginep disekolah buat nyelesain dan mensukseskan semua kegiatan . Saat malem itu gue gak bisa tidur , dan gue pun merenung dikoridor sekolah , tanpa gue sadarin si Randy duduk disamping gue.
“ Zas , “ Randy nyebut nama gue ngasal
“ Plis Ran , jangan panggil gue Zas ! Dari dulu gue suruh panggil nama gue Via !” gue pun kesel
“ Yak okelah , Via . Lu kenapa sih udah satu semester ini kayakna benci sama gue ? Ngejauh , ngehindar  ngehindar , ngejauh . Apa semenjak gue bilang suka sama lu ?”
“ Gue benci  sama lu !” Gue pun langsung pergi ke ruangan tidur putri

          Malam itu gue kepikiran Randi , perasaan gak enak gue bilang gitu , sebenernya gue kehilangan banget sosok Randi yang jadi musuh gue , gue takut kalo kita pacaran dia gak bisa main basket dengan fair , gue takut dia ngalah demi pacarnya . Tapi kenapa gue mikirin dia terus ? Jangan-jangan gue jatuh cinta sama dia ? Ah gak mungkin !

          Keesokan harinya , adek-adek kelas udah pada berkumpul mau mengadakan upacara pembukaan . Saat itu semua kakak kelas termasuk gue sama Randi berbaris didepan mereka dan memperkenalkan diri dan tugasnya masing-masing. Tugas Randi cuman ngambil gambar  semua kegiatan yang berlangsung. Dan tugas gue juga ada dikonsumsi . Saat yang lain sibuk sama tugasnya masing-masing gue cuman memperhatikan dan ngerangkum tugas selanjutnya dimeja panitia . Jam makan siang tiba , gue harus ngebantu ngebagiin makanan buat para kakak-kakak , dan juga Randi , saat itu gue ngerasa seneng banget mmmm gatau kenapa dah pokoknya . Dan Randi ngajak makan bareng , Yak okelah gue terima tawarannya . Kita jadi akrab , gue juga sebenernya aneh . kenapa gue jadi baik sama dia ? Mungkin bawaan perut laper tapi ya what everlah , gue ngelanjutin makan. Sehabis itu , kita harus balik ke tugas masing-masing , Randi sibuk jeprat sana jepret sini, sani sini situ dijepretin mulu . Dengan PD-nya gue nyadar , dia sebenernya nyuri-nyuri gambar gue -.-“ . Setelah beberapa kegiatan yang adik-adik kelas jalanin , ini waktunya buat istirahat dan mempersiapkan buat acara renungan malam . Kita mendapat tugas yang berbeda buat acara kali ini , dan udah lama gue gak pernah satu regu sama Randi , sekarang kita couple ! Dulu perasaan sebel , benci banget kalo sekelompok atau bahkan couple sama dia , tapi sekarang perasaan gue malah bahagia banget . Mungkin gue udah belajar mencintai dia , ah lupakan ! Apasi apa gue bilang cinta ke dia? Najong deh .  Gue harus nyusun tugas with Randi . Semalaman kami semua merenung dibawah sinar rembulan ,  gelapnya langit malam , dengan bintang yang terang , dan suara binatang yang seram ( padahal gada binatang serem ) ! Gue dan Randi ngawasin dan jagain adik-adik takutnya ada sesuatu yang gak dipengenin terjadi . Alhamdulillah nothing problem J . Waktu istirahat pun udah tiba , gue dan yang lainnya mastiin bahwa adik-adik tidur dan ke ruang tidur . Tinggal kita yang disuruh sama ibu bapak guru buat pergi istirahat karena kita pasti kecapean sama aktivitas hari ini . Yaiyalah gila lu pak bu kita gak cape mah hahaha. Kita semua pergi tidur keruangannya masing-masing . Setelah itu gue bisa tertidur kalo gak salah pukul 00.30 wib . Saat gue lagi tertidur pules , tiba-tiba temen gue si Vany ngebangunin gue , katanya ada temen kita yang hilang , gue langsung ketakutan , kaget , bahkan shock karena diangan-angan gue kalo yang hilang itu Randi , semoga aja perkiraan gue salah . Kami berkumpul , setelah gue cari-cari emang bener yang enggak ada itu si Randi ! Kemana Randi ? Gue panic dan nanyain ke semua temen gue , dan kita berpencar buat nyari Randi. Gue mencar sendirian , dan gak sengaja gue liat ada cahaya , gue samperin perlahan karena gue takut . Semakin dekat dan dekat lagi , ternyata lilin itu semakin  banyak , ada sesosok pria dan itu Randi! Reflek gue langsung nyamperin dan meluk Randi , gue marah-marah kenapa dia ngilang dan bikin gue panic ? Tiba-tiba suara nyayiin dari paduan suara ngiringin tangisan gue yang lagi meluk Randi , paduan suara itu temen-temen gue . Mereka semua sekongkol buat ngerencanain ini semua . Disitu gue mati kutu ! malu gila sumpah ! saat itu pun Randi nyatain cintanya ke gue , gue gugup gila sumpah ! Dan tanpa basa-basi gue pun nerima cintanya , karena emang sebenernya gue suka sama dia juga J . Untungnya aja guru-guru gak pada tau , kalo tau gue malu . Abis itu kita pergi tidur lagi dan bangun tepat buat solat subuh . Gue gak sabar buat ngeliat muka Randi. Hari ini kegiatan terakhir mopdb disekolah kita , acara selanjutnya cuman penampilan extrakullikuler . Gue nampil basket dulu , dan harusnya Randi gak tampil , tapi dia ikut gabung . Dan dia tetep jadi musuh gue yang sempurna ! Sehabis itu diselang beberapa penampilan extrakulikuller , gue pun nampil lagi . Kalo tadi dengan style tomboy gue , kali ini rada feminim dikit pake banget . Kita nyanyiin beberapa lagu , dan lagu yang terakhir kita ngambil dance dari pemain basket cowo , bersyukurnya gue dipasangin sama Randi ! Apa coba maksutnya jadi kaya dancing with star gitu hahaha. Dan penampilan extrakulikuller ini paling ramai ! Adik-adik , guru-guru , dan temen-temen gue pun bangga J . Itulah cerita gue , panjang tapi singkat dihidup gue .



Karena Bukan rasa yang salah , kalo gue jatuh cinta sama rival gue ,
Bukan rasa yang salah , kalo gue tetep fair sama pacar gue
Dan bukan rasa yang salah namun hanya manusia yang terkadang memilah cara dan menunjukkan cinta mereka dengan cara yang salah……
Ingat, jatuh cinta pada musuh sendiri itu, seru loh..
Dari benci jadi cinta, hati-hati dengan karma !!! kadang karma ada yang indah dan ada yang buruk. gutlak with your love J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar